1. Pengertian E-Commerce
Definisi dari E-Commerce sendiri sangat beragam tergantung dari perspektif atau kacamata yang memanfaatkannya. Association for Electronic Commerce (AEC) secara sederhana mendefinisikan E-Commerce sebagai mekanisme bisnis secara elektronik.
Sementara Amir Hartman dalam bukunya "Net-Ready" (Hartman, 2000) secara lebih terperinci lagi mendefinisikan E-Commerce sebagai "suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa antara dua buah institusi, antar institusi dan konsumen langsung, antara konsumen dan institusi, maupun antara konsumen dan konsumen.
Terlepas dari berbagai jenis definisi yang ditawarkan dan dipergunakan oleh berbagai kalangan, terdapat kesamaan dari masing-masing definisi, dimana E-Commerce memiliki karakteristik sebagai berikut :
1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
2. Adanya pertukaran barang, jasa atau informasi
3. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online
Jika dahulu kebanyakan relasi hanya dapat terjalin secara "one-to-one relationship" karena alasan efisiensi, maka dengan adanya E-Commerce, hubungan antar perusahaan dengan entitas eksternak lainnya dapat dilakukan secara "many-to-many relationship" dengan lebih cepat, lebih baik dan lebih murah.
Internet merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan perusahaan dengan domain publik, seperti individu, komunitas, institusi dan organisasi. Jalur ini merupakan jalur termurah yang dapat digunakan perusahaan untuk menjalin komunikasi efektif dengan konsumen.
Intranet merupakan infrastruktur jaringan komputer yang menghubungkan semua sumber daya manusia, baik manajement maupun staf dalam sebuah perusahaan sehingga dengan mudah mereka dapat saling berkomunikasi untuk menunjang aktivitas bisni sehari-hari.
2. Strategi Pemasaran Dalam E-Commerce
Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak oleh kehadiran internet, sektor bisnis atau perdagangan merupakan yang paling cepat tumbuhnya. Berdagang di dunia maya dengan memanfaatkan perangkat telekomunikasi yang kerap di istilahkan sebagai E-Commerce (Electronis Commerce), merupakan suatu mekanisme bisnis tersendiri yang masih seumur jagung usianya. Namun disinilah letak keistimewaannya.
Strategi pemasaran dalam E-Commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional, yaitu pengambilan keputusan-keputusan tentang pemasaran, bauran pemasaran. alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Dalam strategi pemasaran asda 4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dan E-Commerce yaitu :
a. Daur hidup produk
b. Posisi persaingan perusahaan dipasar yang memanfaatkan e-commerce
c. Situasi ekonomi
d. Penggunaan media online
1) Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan
2) Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan
Contoh : Search Engine, Optimalisasi Google Maps, Kampanye Pay Per Click, Promosi di Media Sosial, Penggunaan Blog, Penggunaan Video Marketing dan Surat Kabar Digital.
3. Menggunakan Afiliasi pemasaran untuk mempromosikan website e-commerce
Afiliasi pemasaran adalah usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagang dalam penjualan online. Pembayaran kompensasi di dasarkan pada kinerja tindakan, biasa dalam bentuk Click terhadap penujualan yang telah di daftarkan. Hubungan antara para pengiklan dan pedagang biasanya disebut sebagai afiliasi pedagang, dan penertbit atau penjualan kepadanorang-orang yang dikenal sebagai afiliasi. Banyak manfaat afiliasi pemasaran termasuk potensi untuk menghasilkan banyak uang. Anda dapat melakukan banyak proses periklanan secara otomatis dan menerima pembayaran hanya berdasarkan hasil yang diinginkan, yang meliputi penjuaalan, pendaftaran, dan jumlah pembayaran per Click.
4. Membuat Website E-commerce dengan aplikasi Opensource
Manfaat E-commerce secara umum :
a. Perluasan jangkauan geografis, perluasan basis pelanggan.
b. Meningkatkan visibilitas melalui Search Engine Marketing (SEM)
c. Memberikan informasi berharga tentang bisnis anda kepada pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar